PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

NAMA: ASRI SUZAN TRI RUKMANA
NIM
:06-316-1111-164
PRODI :PGSD (1D)
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, shalawat serta salam senantiasa
tercurah kepada Rasulullah SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Berkat kudrat
dan iradat-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Program Studi pendidikan guru sekolah dasar (pgsd).
Dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, dorongan, bimbingan dan arahan kepada penyusun sehingga dapat menyelesaikan makalah ini
Dalam makalah ini penyusun menyadari masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu segala saran dan kritik guna perbaikan dan kesempurnaan sangat penyusun harapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penyusun dan para pembaca pada umumnya.
Sukabumi,20 Desember 2011
Penyusun
Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Program Studi pendidikan guru sekolah dasar (pgsd).
Dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, dorongan, bimbingan dan arahan kepada penyusun sehingga dapat menyelesaikan makalah ini
Dalam makalah ini penyusun menyadari masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu segala saran dan kritik guna perbaikan dan kesempurnaan sangat penyusun harapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penyusun dan para pembaca pada umumnya.
Sukabumi,20 Desember 2011
Penyusun
i
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR………………………………………………………. i
DAFTAR
ISI………………………………………………………………… ii
BAB I.PENDAHULUAN
A.Latar
belakang …………………………………………………… 1
B.Pokok
permasalahan……………………………………………….. 1
C.Maksud
dan tujuan…………………………………………………... 1
BAB II.PEMBAHASAN
A.Wawasan
nusantara…………………………………………………. 2
B.Aspek-aspek……………………………………………………………
2
C.Fungsi implementasi…………………………………………………. 3
BAB III.PENUTUP
A.Kesimpulan
………………………………………………………… 4
B.Saran………………………………………………………………… 4
Ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
Makalah ini di susun untuk
memenuhi salah satu tugas mata kuliah pendidikan kewarganegaraan pada program
studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD)
Wawasan nusantara adalah cara
pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenal diri dan bentuk geografinya
berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
B.Pokok permasalahan
Dari pembuatan makalah ini ada
beberapa yang jadi pokok permasalahan diantaranya:
1.apa pengertian wawasan
nusantara dan ketahanan nasional
2.apa fungsi wawasan nusantara
3.apa tujuan wawasan nusantara
C.Maksud dan tujuan
1.Maksud
-untuk memenuhi salah satu tugas
matakuliah PKN
-untuk menambah wawasan
2.Tujuan
-untuk menambah pengetahuan
-untuk mengetahui pengertian
wawasan nusantara dan ketahanan nasional
1
BAB II
PEMBAHASAN
Wawasan
nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri
dan bentuk geografinya berdasarkan pancasila dan UUD1945 Dalam pelaksanannya,
wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan
untuk mencapai tujuan nasional.
Falsafah pancasila
Nilai-nilai
pancasila mendasari pengembangan wawasan nasional.
- Mengutamakan kepentingan masyarakat daripada individu dan golongan.
- Pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah untuk mufakat
Aspek kewilayahan
nusantara
Pengaruh
geografi merupakan suatu fenomena yang perlu diperhitungkan, karena Indonesia
kaya akan aneka sumber daya alam(SDA) dan suku bangsa
Aspek sosial budaya
Indonesia
terdiri atas ratusan suku bangsa yang masing-masing memiliki adat
istiadat,bahasa,agama, dan kepercayaan yang berbeda - beda, sehingga tata
kehidupan nasional yang berhubungan dengan interaksi antargolongan mengandung
potensi konflik yang besar.mengenai berbagai macam ragam budaya
Aspek sejarah
Indonesia
diwarnai oleh pengalaman sejarah yang tidak menghendaki terulangnya perpecahan
dalam lingkungan bangsa dan negara Indonesia Hal ini dikarenakan kemerdekaan
yang telah diraih oleh bangsa Indonesia merupakan hasil dari semangat persatuan
dan kesatuan yang sangat tinggi bangsa Indonesia sendirii Jadi, semangat ini harus tetap
dipertahankan untuk persatuan bangsa dan menjaga wilayah kesatuan Indonesia
2
Fungsi
Implementasi
Kehidupan politik
Ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan wawasan
nusantara, yaitu
- Pelaksanaan kehidupan politik yang diatur dalam undang-undang, seperti UU partai Politik, UU pemilihan umum, dan UU Pemilihan Presiden. Pelaksanaan undang-undang tersebut harus sesuai hukum dan mementingkan persatuan bangsa.Contohnya seperti dalam pemilihan presiden, anggota DPR dan kepala daerah harus menjalankan prinsip demokratis dan keadilan, sehingga tidak menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa.
- Pelaksanaan kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia harus sesuai denga hukum yang berlaku. Seluruh bangsa Indonesia harus mempunyai dasar hokum yang sama bagi setiap warga negara, tanpa pengecualian. Di Indonesia terdapat banyak produk hukum yang dapat diterbitkan olehprovinsi dankabupaten dalam bentuk peraturan daerah) yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku secara nasional.
- Mengembagkan sikap hak asasi manusia dan sikap pluralisme untuk mempersatukan berbagai suku, agama, dan bahasa yamg berbeda, sehingga menumbuhkan sikap toleransi
- Memperkuat komitmen politik terhadap partai politik dan lembaga pemerintahan untuk menigkatkan semangat kebangsaan dan kesatuan.
- Meningkatkan peran Indonesia dalam kancah internasional dan memperkuat diplomatic korps sebagai upaya penjagaan wilayah Indonesia terutama pulau-pulau terluar dan pulau kosong.
Kehidupan ekonomi
- Wilayah nusantara mempunyai potensi ekonomi yang tinggi, seperti posisi khatulistiwa wilayah laut yang luas,hutan tropis yang besar, hasil tambang dan minyak yang besar, serta memeliki penduduk dalam jumlah cukup besar. Oleh karena itu, implementasi dalam kehidupan ekonomi harus berorientasi pada sektor pemerintahan,pertanian dan perindustrian
- Pembangunan ekonomi harus memperhatikan keadilan dan keseimbangan antardaerah. Oleh sebab itu, dengan adanya otonomi daerah dapat menciptakan upaya dalam keadilan ekonomi.
- Pembangunan ekonomi harus melibatkan partisipasi rakyat, seperti dengan memberikan fasilitas kredit mikro dalam pengembangan usaha kecil.
3
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Negara
Indonesia adalah negara yang solid terdiri dari berbagai suku dan bangsa,
terdiri dari banyak pulau-pulau dan lautan yang luas. Jika kita sebagai warga
negara ingin mempertahankan daerah kita dari ganguan bangsa/negara lain, maka
kita harus memperkuat ketahanan nasional kita. Ketahanan nasional adalah cara
paling ampuh, karena mencakup banyak landasan seperti : Pancasila sebagai
landasan ideal, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dan Wawasan Nusantara
sebagai landasan visional, jadi dengan demikian katahanan nasional kita sangat
solid
SARAN
Negara Indonesia adalah negara yang solid
terdiri dari berbagai suku dan bangsa, terdiri dari banyak pulau-pulau dan
lautan yang luas. Jika kita sebagai warga negara ingin mempertahankan daerah
kita dari ganguan bangsa/negara lain, maka kita harus memperkuat ketahanan
nasional kita. Ketahanan nasional adalah cara paling ampuh, karena mencakup
banyak landasan seperti : Pancasila sebagai landasan ideal, UUD 1945 sebagai
landasan konstitusional dan Wawasan Nusantara sebagai landasan visional, jadi
dengan demikian katahanan nasional kita sangat solid
4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar